[Logo] Anarduino and HopeRF Community Forum
  [Search] Search   [Recent Topics] Recent Topics   [Hottest Topics] Hottest Topics     [Groups] Back to home page 
[Register] Register / 
[Login] Login 
Forum Index
Profile for :: beasiswas1
Avatar All about beasiswas1
Ranking:
Karma:
Registration date:  14/10/2019 17:53:14
Number of messages posted:  No posted messages available
Created topics: No topic created
Website:  http://onlineboxing.net/jforum/user/profile/27849.page
Biography: Beasiswa S1 - Cum laude adalah gelar kehormatan yang diberikan kepada pelajar sarjana yang lulus dengan kisaran nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.51 hingga 4.00.

Gelar cum laude sendiri terbagi atas dua kategori predikat, yaitu magna cum laude dan summa cum laude.

Baca Juga : Ide Cemerlang Kerja Online Untuk Mahasiswa

Magna cum laude adalah lulusan yang mendapatkan IPK 3,60 hingga 3,79. Summa cum laude memiliki IPK 3,40 hingga 3,59. Selain itu, persyaratan lainnya untuk mendapatkan predikat ini adalah tidak pernah mengulang mata kuliah yang sama.

Artinya, sekalipun kita memiliki IPK yang cukup untuk dinyatakan lulusan cum laude, namun predikat tersebut tetap tidak bisa kita dapatkan jika pernah mengulang mata kuliah yang sama.

Lalu, kenapa orang berlomba-lomba untuk mendapatkan predikat ini? Berikut ini alasan dan tips mendapatkan predikat cum laude. Simak, yuk!

Keuntungan Memiliki Predikat Cum Laude

Ada begitu banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika memiliki predikat ini, salah satunya adalah lebih menonjol ketika melamar pekerjaan. Kita semua tentu setuju bahwa harapan terbesar setelah lulus kuliah adalah mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian.

Nah, meski predikat ini tidak sepenuhnya menjadi penentu utama dalam kesuksesan proses melamar kerja, namun surat lamaran kerja kita tentunya akan lebih menonjol jika ada tulisan cum laude di dalamnya.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Bermanfaat

Selain itu, predikat ini juga perlu dimiliki bagi kita yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan magister (S2). Hal ini dikarenakan beberapa perguruan tinggi bergengsi hanya menerima murid dengan IPK sesuai aturan cum laude.

Tips Agar Bisa Mendapatkan Predikat Cum Laude

Mendapatkan predikat kelulusan terbaik ini tentu akan menjadi kebanggan tersendiri. Mau tahu bagaimana cara mendapatkan predikat kelulusan cum laude? Simak tips berikut ini, yuk!

1. Total kehadiran 98 persen

Absensi dalam perkuliahan merupakan salah satu faktor penilaian penting yang menjadi pertimbangan para dosen. Itu sebabnya, usahakan untuk tidak memiliki nilai kehadiran di bawah 98 persen dari total absensi. Jika memang diharuskan untuk berhalangan hadir, usahakan membuat surat izin ke dosen atau rektor yang terkait, ya.

2. Mengumpulkan tugas sesuai tenggat waktu

Bagi para pelajar tentu Beasiswa S1 paham betul bahwa tugas umumnya memang selalu ada di setiap minggunya. Nah, perlu dipahami bahwa tugas memiliki bobot yang cukup besar dalam proses penilaian perkuliahan. Itu sebabnya, usahakan untuk kerjakan tugas sebaik mungkin dan kumpulkan tepat waktu.

Jika memungkinkan, bahkan kumpulkan sebelum tenggat waktu. Biasanya dosen akan memberikan apresiasi berupa nilai tambahan, lho!

3. Tunjukan kemampuan kita dalam melakukan presentasi

Ketika memasuki dunia kuliah, tentu kita akan dihadapkan dengan banyak tugas presentasi. Jadikan tugas itu sebagai kesempatan untuk membuktikan kemampuan kita dalam menguasai materi perkuliahan. Hindari hanya membaca halaman presentasi yang kita buat. Sampaikan presentasi dengan sikap percaya diri dan pelajari materi yang disampaikan dengan matang.

4. Bergabung dengan organisasi kampus

Tidak dapat dimungkiri organisasi kampus Beasiswa Untuk Mahasiswa S1 juga dapat membantu kita mendapatkan predikat cum laude lebih mudah, lho! Ketika tergabung dalam organisasi, tanpa disadari kita juga belajar banyak ilmu komunikasi dan organisasi. Itu sebabnya, bergabung dengan organisasi dapat menjadi nilai lebih untuk mendapat gelar cum laude.

5. Menyelesaikan UAS semaksimal mungkin

Poin terakhir namun paling penting adalah menyelesaikan Ujian Akhir Sekolah (UAS) semaksimal mungkin. Seperti yang telah kita ketahui, tugas akhir merupakan tujuan akhir dari dari pembelajaran perkuliahan. Itu sebabnya bobot nilai yang diberikan pada UAS adalah poin yang paling terbesar.

Artinya, dapat disimpulkan bahwa UAS Beasiswa S1 menjadi penentuan penting dalam mendapatkan predikat cum laude. Nah, untuk mendapatkan nilai UAS yang memuaskan, ada beberapa tips yang sebenarnya bisa kita tanyakan kepada senior. Seperti contoh materi ujian dari dosen tertentu karena biasanya soal yang diberikan seorang dosen tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Itu dia beberapa tips Biaya Kuliah yang bisa menjadi acuan untuk mendapatkan predikat cum laude. Nah, selama berusaha mendapatkan predikat membanggakan ini, jangan lupa untuk memproteksi diri dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa juga, ya.
My Bookmarks: There are no bookmark entries for this user.
Contact beasiswas1
Private Message:
Powered by JForum 2.1.9 © JForum Team